Sabtu, Juni 27

LDKS SMA WACHID HASYIM 2 Taman

“SIAP MEMIMPIN, SIAP DIPIMPIN”


23-25 JUNI 2009
BUMI PERKEMAHAN PACET, MOJOKERTO


Inilah satu kegiatan puncak dalam mempersiapkan agen-agen penerus perjuangan OSIS. Melalui kegiatan LDKS SMA WACHID HASYIM 2 Taman yang diikuti oleh seluruh ekstrakulikuler yang ada, diharapkan tumbuh jiwa-jiwa perjuangan yang bisa saling menegakkan panji-panji OSIS dalam seluruh kegiatan siswa di lingkungan SMA WACHID HASYIM 2 Taman


Mengenai tema, apa maksud dari tema tersebut, dan apa yang diharapkan dari pemilihan tema tersebut??


Tema yang digunakan dalam LDKS kesempatan ini yaitu “SIAP MEMIMPIN, SIAP DIPIMPIN” sarat makna dalam aplikasinya. Karena LDKS ini adalah salah satu cara untuk mempersiapkan penerus OSIS maka mereka semua harus memiliki jiwa pemimpin yang harus siap memimpin. 


Namun, di samping itu mereka juga tidak boleh mengabaikan bahwa mereka juga harus siap dipimpin oleh teman yang nantinya terpilih sebagi pemimpin dalam MPK. 


 Selain itu, tema ini juga untuk menegaskan bahwa kedudukan OSIS di lingkungan kegiatan siswa mutlak berada di ujung teratas dengan memimpin seluruh ekstrakulikuler yang ada di bawahnya..


 Sehingga diharapkan seluruh ekstrakulikuler yang ada bisa patuh dan faham terhadap kedudukan dan struktur yang ada.


Bagaimana dengan sistem acara yang ada ?


Sistem acara yang digunakan tetap fun namun penuh dengan kedisiplinan. Bahkan untuk menciptakan suasana tersebut, dibentuklah suatu piagam yang memuat peraturan-peaturan yang harus ditaati baik oleh peserta, panitia, guru, maupun tamu selama berada dalam acara LDKS tersebut. Kami menyebutnya dengan Piagam Pacet.


Apa isi Piagam Pacet ?

 Bertaqwa Kepada Allah S.W.T.
Siap Memimpin Siap Dipimpin
 Sadar Diri, Faham Fungsi


Bagaimanakan keberlangsungan acara disana?


 Alhamdulillah lancar....


Seklumit Cerita 

Pada hari pertama, rombongan tiba di lokasi pukul 13.00 dan langsung melakukan Upacara Pembukaan yang dipimpin langsug oleh Ketua Panitia, Fuad Amirullah dengan pembina Bpk.Muhajir, S.Pd. setelah itu, peserta dipersilahkan untuk ishoma sampai pukul 14.00. 


 Setelah itu, acara diisi dengan materi ke-OSIS-an yang disampaikan oleh Bpk. Muhajir, S.Pd. yang mengupas tuntas tentang kerja OSIS serta kedudukan OSIS dalam siswa di sekolah. 


 Kemudian acara berlanjut pada sholat maghrib disertai dengan istoghotsah dan ceramah agama yang disampaikan oleh Bpk. Imam Syafi’ie Azizy, S.Ag. peserta mendapatkan siraman rohani yang sangat berguna dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan kepada Allah S.W.T.



 Setelah keimanan dipertebal, maka saat pengujian keimanan datang. Meteri pengujian disampaikan oleh Bpk. Rochal Syaifuddin, S.Ag. beberpa pertanyaan yang disampaikan oleh beliau dan herus dijawab oleh peserta dia antaranya adalah :

 Apa yang dimaksud dengan iman?
 Siapakah idola anda?
 Bagaimana pandangan and tentang menutup aurat? Jelaskan alasan Anda!
 Bagaimana pendapat Anda tentang pacaran? Jelaskan alasan Anda!


 Berbagai jawaban diluncurkan oleh adik-adik peserta, ada yang menjawab dengan santai, serius, bahkan ada yang berdasarkan pengalaman. Namun terlepas dari jawaban mereka semua, hal ini mengajarkan bahwa di setiap keputusan yang diambil, harus juga berdasar pada keimanan dan ketaqwaan.


 Dan akhirnya, hari ditutup dengan tes kecakapan. Sebanyak 199 butir soal dibagikan dan harus dikerjakan oleh pesreta. Tes ini menuntut kerja sama serta kecakapan peserta.


Hari kedua dimulai dengan sholat tahajud dan shalat rajab (bertepatan dengan Rabu Rajab). Dilanjutkan dengan tausiyah islam hingga waktu shubuh datang.



 Setelah seluruh peserta dan panitia melaksanakan sholat shubuh, tibalah waktunya penyegaran jasmani, dengan SKJ yang dipimpin oleh Kak Affan dan beberapa peserta yang segan untuk memimpin. SKJ semakin terasa meriah dengan adanya game-game kecil yang menuntut kerjasama. Kami menyebutnya ”Memupuk Kerjasama”. Permainan ini juga atas kerjasama dengan “Mas Jablai” dari Tagana. Seluruh peserta dan panitia larut dalam kebersamaan yang membangun.

 Kemudian berlanjut dengan makan pagi. Setelahitu, semua peserta bersiap-siap untuk melakukan penjelajahan yang melintasi 6 pos denganberbagaitugas didalamnya. Di antaranya :


 POS I : Problem Trap
 POS II : Yes, we can!!
 POS III: Do you believe in me?
 POS IV: How great is your IQ?
 POS V: Spider net
 POS VI: Move The Bomb!!


 Setelah selesai melintasi rute sekitar 5 km, peserta dipersilahkan istirahan untuk menghadapi Upacar Api Unggun pada malam harinya.


 Upacara dipimpin oleh Rizal Kurniawan dengan oembina Bpk. Abdul Wahab, S.Psi. setelah upacara berlangsung secara sakral, seluruh peserta menampilkan performa tim yang terbaik hingga tak sadar malam.


 Hari ditutup dengan ESQ, mengingatkan kita semua tentang semua apa yang telah kita lakukan selama ini sehingga tertimbunlah dosa yang begitu banyak. Maka kita bersujud memohon ampunan kepada-Nya.


Hari ketiga dibuka dengan shalat tahajud dan shalat shubuh. Kemudian dilanjutkan dengan senam pagi bersama Kak Sukma, Kak Aries, dan Kak Tirta serta panitia yang lain. 


 Kemudian dilanjutkan dengan membangun kebersamaan dengan mendirikan bendera merah putih setinggi-tingginya dengan semua tongkat yang ada. Usaha peserta sempat dua kali gagal, tongkat yang mereka telah sambung patah ketika ditarik berdiri. Namun tak kenal putus asa, akhirnya di usaha ketiga mereka berhasil menjunjung tinggi bendera kebangsaan Indonesia, merah putih.


 Untuk menyegarkan pikiran, peserta diajak berjalan-jalan mengagumi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, air terjun. Sesampainya di sana, peserta makan dan berfoto riadi bawah derasnya guyuran air terjun.


Kepemimpinan bagai bulan di kegelapan malam
Ia tetap bersinar terang namun tak menghalangi sinar bintang lain
Ia siap memipin malam dengan sinarnya yang anggun
Namun juga siap dipimpin oleh matahari di tengah siang bergejolak.
Jayalah selalu OSIS SMA WACHID HASYIM 2 Taman dengan kepemimpinanmu.




 Terima kasih kepada :



 SMA WACHID HASYIM 2 Taman
 Dinas Sosial Republik Indonesia
 Bpk. Abdul Wahab, S.Psi.
 Bpk. Nashor, S.Ag.
 Bpk. Rochal Syaifuddin, S.Ag.
 Bpk. Imam Syafi’ie Aziziy, S.Ag.
 Mas Jablai Tagana

 All committees’ participations


....................................


Seklumit Publikasi


 


 


1 comment:

Dj Tri mengatakan...

Luar biasa.. semoga OSIS SMA WH2 Taman... menjadi yg terbaik.

Melalui ini kami ingin berpromosi blog Reuni SMA WH1 Sby. dengan alamat blog http://reunismawaha1sby.blogspot.com/

Semoga ada yg mengetahui tentang keberadaan para alumni

Flag Counter

free counters